Belajar Al Qur'an dengan Metode Albarqy

Pembuat: effendi || Tanggal Post: 01-Mar-2024



Assalamu'alaikum warahmatullahi.

Metode al-Barqy ini juga disebut ANTI LUPA karena mempunyai struktur yang apabila pada saat siswa lupa dengan huruf-huruf / suku kata atau yang biasa disebut kata kunci yang telah dipelajari, maka ia akan dengan mudah dapat mengingat kembali tanpa bantuan guru.


Metode Al Barqy ada teknik tambahan yaitu teknik transfer (teknik memperkenalkan huruf – huruf sulit yang disebut huruf kucing dan huruf macan yaitu huruf yang memiliki perbedaan makhraj tapi memiliki sifat huruf yang sama.


KELEBIHAN :

1) Menggunakan sistem 8 Jam, artinya hanya dengan waktu 8 jam murid dapat membaca dan menulis huruf Al-Qur'an.

2) Praktis untuk segala umur.

3) Menggunakan metode yang aktual yaitu SAS (Struktur Analitik Sintetik) yang memudahkan murid belajar Al-Qur'an.


Para Jamaah Bisa Hadir di Pendopo Masjid Miftahul Huda

Pada tanggal 1 Maret 2024, Ba'da Isya

Dibimbing oleh Kyai Qomari Arisandi, S.Pd.i


Dengan menerapkan metode ini insyallah kita semua bisa lancar membaca Al Qur'an karena Al-Qur'an merupakan wahyu yang diturunkan Allah Swt. kepada Nabi Muhammad saw. sebagai pedoman hidup bagi seluruh makhluk di bumi.

Isi Al-Qur'an sangat luas, mencakup berbagai aspek kehidupan, dari syariat, sosial, pemerintahan, ilmu pengetahuan, sejarah, berita hari akhir, dan lain sebagainya.

Selain sebagai pedoman hidup, Al-Qur'an memberikan kebaikan atau memiliki banyak manfaat bagi orang-orang yang senantiasa rutin membaca, mengamalkan, atau bahkan menghafalnya.

Manfaat Membaca Al Qur'an adalah 

1. Mendapatkan Pahala dan Kebaikan

Membaca Al-Qur'an dapat menjadikan suasana sekitar menjadi lebih damai, tenang, dan penuh dengan keberkahan.

Maka itu, seseorang yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan pahala dan kebaikan yang berlipat ganda dari Allah Swt., seperti hadis riwayat dari Tirmidzi bahwa:

"Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan kebaikan satu kali, tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kalinya."

2. Memberikan Derajat dan Wibawa

Membaca Al-Qur'an dapat membuat seseorang terlihat makin bercahaya dan penuh wibawa. Kondisi ini dapat membuat seseorang menjadi lebih disayangi, dihormati, dan dihargai banyak orang.

Hal itu seperti dalam hadis yang menyatakan:

"Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur'an akan selalu ditemani para Malaikat pencatat yang paling dimuliakan dan taat pada Allah Swt. dan orang-orang yang terbata-bata membaca Al-Qur'an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala." (HR. Bukhari).

3. Memperoleh Rahmat dan Lindungan Malaikat

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang tenang dan sabar dapat mendatangkan rahmat dari Allah Swt. dan mendapatkan perlindungan dari para Malaikat dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat, seperti hadis yang menyatakan:

"Ketika para kaum muslim berkumpul di masjid-masjid Allah kemudian mereka membaca Al-Qur'an dan memnpelajarinya maka akan datang kepada mereka ketenteraman, rahmat Allah serta dilindungi malaikat dan Allah menyebut mereka di hadapan makhluk yang ada di dekatnya."

4. Memberikan Syafaat pada Hari Kiamat

Membaca Al-Qur'an dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

Seperti hadis yang menyatakan bahwa:

"Bacalah bait Al-Qur'an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya." (HR. Muslim)

5. Membuat Seseorang Berperilaku Mulia

Membaca Al-Qur'an dengan hati yang tenang dan rasa yang bahagia dapat mengubah seseorang yang semula berperilaku tidak baik menjadi lebih baik. Baginda Rasullulah saw. pernah bersabda:

"Sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mempelajari Al-Qur'an serta mengajarkannya pada orang lain." (HR. Bukhari)


Demikian itu merupakan salah satu manfaat dari kita membaca Al Qur'an, masih banyak manfaat yang lainnya

"Semoga Allah memberkahi kita semua dengan kesuksesan, kesehatan, kebahagiaan, kesabaran, dan kekuatan.


 Wabillahi taufiq wal hidayah wassalamualaikum